Rabu, 04 Mei 2011

Membuat Gambar Fantasi

Langkah 1
Ambil gambar ksatria barbar lalu potong bagian atas badannya. Cara terbaik adalah dengan tool pen. Anda bisa melihat detail path yang saya buat di bawah






Langkah 2
Simpan badan ksatria lalu dimpan ke atas gambar kuda.


Langkah 3
Lukis bayangan di tempat pertemuan badan ksatria dan kuda.


Langkah 4
Buat layer baru, simpan di atas badan ksatria. Tekan Ctrl + Alt + G untuk mengubahnya menjadi Cliping Mask. Semua yang kita lukis di sini hanya akan muncul di atas badan ksatria. Lukis warna hitam untuk menggelapkan sebagian badan satria. perlu diketahui bahwa dalam gambar ini, sumber cahaya ada di kanan atas atau di belakang ksatria.


Langkah 5
Tahan Alt lalu klik ikon New Layer. Aktifkan Use Previous, Mode: Overlay, dan aktifkan Fill with.


Langkah 6
Lukis dengan tool dodge untuk menerangkan gambar dan burn untuk sebaliknya. Di bawah adalah gmbar layer dodge burn yang diperoleh dalam tampilan blend mode normal.


Langkah 7
Sekarang seleksi bagian bawah kuda. Seperti tadi, kita menggunakan tool pen karena hasilnya yang sangat akurat. Tool ini tidak bisa memilih helaian halus di ekor kuda dengan akurat, jadi lewati saja bagian ini. Ubah path menjadi seleksi dengan menekan Ctrl + Enter lalu gandakan ke layer baru dengan menekan Ctrl + J.


Langkah 8
Sekarang kita akan memilih rambut halus di ekor kuda. Caranya dengan membuat terlebih dahulu seleksi kasar dengan tool lasso poligon. Masuk ke mode quick mask dengan menekan Q. Dengan tool brush lukis bagian yang tidak akan kita pilih. Gunakan brush berukuran kecil 2-3 px dengan hardness: 0-10%. Ini akan membantu proses seleksi agar lebih akurat.


Langkah 9
Setelah merasa cukup puas tkan lagi Q untuk kembali ke mode normal. Tekan Ctrl + J untuk manggandakan ke layer baru.


Langkah 10
Terakhir lukis rambut-rambut tipis secara manual menggunakan brush 1-2 px. Pastikan warna yang digunakan sama dengan warna bulu ekor yang lain. Anda bisa melihat proses seleksi yang saya peroleh di sini. Cukup bagus bukan? Saya hanya menggunakan pross seleksi secara manual tanpa bantuan plugin.


Langkah 11
Aktifkan layer badan kuda. Ulangi langkah 6 dan 7 untuk menggelapkan dan menerangkan sebagian badan kuda agar terlihat lebih kontras. Di bagian bawah terlihat layer dodge dan burn yang dihasilkan dalam blend mode Normal.


Langkah 12
Sampai titik ini, seperti inilah centaurus yang saya peroleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar