Rabu, 19 Oktober 2011

cara hosting joomla gratis

Berbeda dengan pembahasan di subbab 2.1, kali ini anda tidak perlu mempersiapkan server web meng-insall joomla 1.7 di PC/leptop. Anda dapat melakukannya langsung di internet , dengan hanya mencari sebuah tempat (hosting) di internet.

Saat ini banyak tersedia layanan hosting di internet, mulai dari yang gratisan sampai dengan yang berbayar, anda dapat mencarinya dengan bantuan mesin pencari (search engine). Cukup ketikkan kata kunci (keyword) “hosting”, maka akan tampil jutaan halaman web yang menyediakan layanan hosting seperti terlihat pada gambar 2.17.

Anda dapat memilih menggunakan layanan hosting gratisan untuk website joomla milik anda. Tetapi satu hal yang perlu diingat, sebaik apapun sebuah layanan gratisan di internet, tidak pernah ada jaminan anda dapat menggunakanya dalam jangka waktu lama. Jadi, gunakanlah layanan hosting gratisan sebatas hanya sebagai media pembelajaran saja. Kemudian setelah mahir, anda dapat memilih satu dari sekian banyak layanan sewa hosting yang tersedia di internet untuk website joomla anda.

Sebagai media pembelajaran, subbab 2.2 pada buku ini menjelaskan bagai mana mempersiapkan joomla 1.7 di internet menggunakan layanan hosting gratisan di www.heliohost.org. seperti telah di jelaskan di atas, sebagaimana hal nya layanan hosting gratisan, tak ada sedikitpun jaminan bahwa heliohost masih akan tetap menyediakan layanan hosting gratis di masa yang akan datang, apabila layanan hosting gratis di helihost sudah tidak tersedia lagi saat anda mencobanya, anda masih dapat mencari alternatif hosting gratisan lainnya di alamat www.free-webhosts.com/free-domain-hosting.php. atau anda dapat mencoba layanan gratis 30 hari yang tersediakan langsung oleh pengembang joomla di alamat demo.joomla.org.

Bagaimna, sudah siap untuk mulai mempersiapkan joomla 1.7 di internet menggunakan layanan hosting gratis di www.heliohost.org. ? lakukan langkah langkah berikut:

1 kunjungi www.heliohost.org. klik pada menu signup, lanjutkan klik stevie, dan isi informasi pendaftaran yang di minta. Akhiri dengan klik create account.

Informasi yang harus anda isikan adalah:

Desired username: isi dengan username yang anda inginkan.

Desired Domain: isi dengan nama sub domain website joomla yang anda inginkan.

Password dan confirm password: isi dengan password yang anda inginkan .

Email address: isi dengan alamat email yang biasa anda gunakan informasi hosting anda di heliohost akan dikirim ke email ini.

HelioNet Username: isi dengan username yang anda inginkan.

Confirm that you are not a bot: isikan dengan kode captcha sebagaimana terlihat pada gambar yang tampil di layar.

Check here if you agree to the terms: beri tanda cek/centang untuk menyetujui persyaratan dari heliohost.

Akhiri dengan klik tombol create account untuk memulai proses pendaftaran. Anda akan diminta menunggu selama kurang lebih 24 jam untuk mendapatkan akun di heliohost.

2. informasi pendaftaran akun hosting dari heliohost akan dikirim ke email anda. Periksa email anda untuk membaca informasi mengenai hosting anda di heliohost (gambar 2.19).

3. akun hosting gratis anda di www.heliohost.org. akan aktif dalam waktu kurang lebih 24 jam. Cobalah masuk ke halaman cPanel dengan mengakses alamat nama –sub-domain.heliohost.org/cpanel, dan apabila tampil gambar seperti pada gambar 2.20, berarti akun hosting anda telah siap. Isikan username dan password sesuai isian pada saat mendaftar untuk masuk kedalam halaman cpanel , klik ok dan lanjutkan dengan klik pada tombol no, I’m fine, thanks!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar