Dalam tutorial ini, Anda akan belajar cara membuat animasi sederhana di Flash biker CS5 dengan efek hujan salju di latar belakang. Tutorial ini akan mengajarkan cara membuat frame, keyframes, frame kosong & remaja gerak. Anda juga akan belajar bagaimana menggunakan alat deco untuk menciptakan efek salju jatuh sederhana.
1. Download Unzip tut_files.rar .
2. Pilih File> Open dari menubar utama, jendela Open ditampilkan.
3. Pilih file start.fla dari jendela Open dan pilih tombol Open, file yang akan digunakan dalam tutorial ini dibuka.
Secara default, biker ditempatkan di area panggung, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
4. Selanjutnya, pilih File> Impor> Impor ke Tahap dari menubar utama, jendela Impor ditampilkan. Arahkan ke folder yang Anda download dan pilih file background.psd. Pilih Buka untuk impor; Impor "background.psd" ke jendela tahap ditampilkan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
*. Psd adalah ekstensi file untuk file photoshop. Di Flash CS5, Anda dapat mengimpor file photoshop langsung ke panggung.
5. Pilih left_tree dari kiri atas jendela ini; parameter yang sesuai ditampilkan di sebelah kanan.
6. Selanjutnya, pilih opsi Loseless dari Kompresi daftar drop-down di daerah Publish Settings.
Tip! Pilihan Loseless mempertahankan kualitas sementara penerbitan animasi akhir.
6. Demikian pula, mengatur parameter yang sama untuk front_tree dan ikon latar belakang. Sekarang, pilih tombol OK, gambar yang diimpor ke area panggung seperti yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini.
Pada mengimpor gambar di atas panggung, klip biker yang ada film ini tersembunyi di balik.
7. Pilih Window> Timeline dari menubar utama jika panel Timeline tidak ditampilkan.
Lapisan bernama biker di bagian bawah dari semua lapisan dalam panel Timeline.
8. Pilih lapisan biker dan drag keatas lapisan bernama latar belakang; biker akan bevisible di area panggung, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Klip video biker dipindahkan di sebelah kiri, keluar dari area panggung, sehingga sementara penerbitan animasi akhir biker muncul untuk masuk ke panggung setelah interval 2-3 detik.
2. Pilih keyframe di depan lapisan biker pada panel Timeline. Pastikan keyframe dipilih dan klik kanan di atasnya, sebuah flyout ditampilkan. Pilih Create Motion Tween dari flyout; yang motion tween ditambahkan ke Timeline dalam lapisan biker, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah.
Anda dapat mengidentifikasi bahwa lapisan tertentu adalah memiliki gerak tween ditambahkan ke dalamnya dengan simbol berbentuk kotak di depan nama layer dan warna latar belakang biru itu lapisan tertentu dalam timeline.
Setiap Anda menambahkan motion tween ke lapisan, jumlah frame ditambahkan dalam timeline animasi akan bermain selama 1 detik. Untuk misalnya, jika frame rate diatur ke 24fps (frame per detik), jumlah frame yang ditambahkan willl menjadi 24 jumlahnya. Anda dapat melihat frame rate default atau mengubahnya dari dasar timeline, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
3. Pilih Selection Tool dari panel Tools dan pilih frame paling kanan dari lapisan biker. Tekan dan tahan tombol kiri mouse di atasnya dan tarik ke frame 160.
4. Selanjutnya, pilih klip biker film dari area panggung. Tekan dan tahan tombol SHIFT dan tarik klip video ke kanan, keluar dari area panggung, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Garis berwarna hijau dibuat mewakili tween motion path untuk klip video biker. Warna tween motion path mirip dengan warna garis besar lapisan pada panel Timeline.
5. Tekan dan tahan tombol CTRL dan pilih frame kosong untuk left_tree, front_tree, dan lapisan latar belakang pada frame 160, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah. Selanjutnya, tekan tombol F5 dari keyboard untuk menambah keyframes kosong pada timeline untuk lapisan yang dipilih.
Para playhead pada panel Timeline pada frame 160 hanya menunjukkan klip biker film di area panggung. Ini sangat, sebagai lapisan lain kecuali lapisan pengendara motor tidak memiliki bingkai frame sampai 160. Menambahkan tombol F5 keyframes kosong memiliki konten yang sama pada lapisan pertama dari lapisan masing-masing.
6. Tekan ENTER untuk preview motion tween di area panggung. Jika animasi karya tekan CTRL + ENTER untuk mempublikasikan animasi, sebuah jendela baru menampilkan gerakan ditampilkan, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah.
2. Pilih Window> Properties dari menubar utama untuk menampilkan panel SIFAT, jika belum ditampilkan.
3. Mengatur nilai Kemudahan di daerah NYAMAN ke -100.
Tip! Mempermudah adalah proses untuk mengontrol motion tween di flash. Mempermudah dapat diklasifikasikan lebih lanjut menjadi Kemudahan Dalam dan Kemudahan Out. Dalam Kemudahan Dalam, gerakan mulai perlahan-lahan, sebelum memperoleh kecepatan sebagai waktu berjalan dengan nilai positif dan dalam Kemudahan Out, hal itu terjadi persis berlawanan dengan nilai negatif.
4. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard untuk menerbitkan efek pelonggaran dalam animasi gerak tweened.
Biker mulai perlahan-lahan dan secara bertahap mempercepat karena berlangsung sampai akhir, Anda juga bisa melakukan sebaliknya dengan memasukkan nilai kemudahan positif.
2. Pilih View> Rulers dari menubar utama untuk menampilkan penanda penguasa di tepi area flash.
3. Selanjutnya, pilih Alat Deco dari panel Tools dan kemudian memperluas panel PROPERTI.
4. Sekarang, pilih opsi Partikel Sistem dari Vine daftar drop-down berlabel Isi di daerah EFEK GAMBAR; pilihan Sistem Partikel ditampilkan di panel SIFAT, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
5. Mengatur warna dan Partikel Partikel 1 2 putih dengan memilih kotak berwarna hitam di bawah tombol Edit di daerah EFEK GAMBAR, lihat gambar di bawah ini untuk Anda referensi.
3. Selanjutnya, memperluas wilayah PILIHAN ADVANCED jika tidak secara default. Mengatur nilai berikut di daerah ini:
5. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard, sebuah jendela baru akan ditampilkan dan menunjukkan generasi partikel, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Partikel yang dihasilkan hanya pada kiri area adegan. Untuk memungkinkan generasi partikel pada seluruh adegan kita perlu membuat satu sistem partikel lebih
6. Pilih layer front_tree dari panel Timeline dan pilih ikon New Layer di bagian bawah panel kiri, sebuah lapisan baru dibuat. Ubah nama layer ini untuk snow_2.
7. Pilih Alat Deco dari panel Tools dan mengatur properti di panel SIFAT seperti yang dibahas pada langkah 3.
8. Buat sistem partikel di sebelah kanan area panggung di mana tidak ada partikel yang dihasilkan sebelumnya. 9. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard untuk melihat animasi tween gerakan akhir, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
source.entheosweb.com
1. Download Unzip tut_files.rar .
2. Pilih File> Open dari menubar utama, jendela Open ditampilkan.
3. Pilih file start.fla dari jendela Open dan pilih tombol Open, file yang akan digunakan dalam tutorial ini dibuka.
Secara default, biker ditempatkan di area panggung, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
4. Selanjutnya, pilih File> Impor> Impor ke Tahap dari menubar utama, jendela Impor ditampilkan. Arahkan ke folder yang Anda download dan pilih file background.psd. Pilih Buka untuk impor; Impor "background.psd" ke jendela tahap ditampilkan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
*. Psd adalah ekstensi file untuk file photoshop. Di Flash CS5, Anda dapat mengimpor file photoshop langsung ke panggung.
5. Pilih left_tree dari kiri atas jendela ini; parameter yang sesuai ditampilkan di sebelah kanan.
6. Selanjutnya, pilih opsi Loseless dari Kompresi daftar drop-down di daerah Publish Settings.
Tip! Pilihan Loseless mempertahankan kualitas sementara penerbitan animasi akhir.
6. Demikian pula, mengatur parameter yang sama untuk front_tree dan ikon latar belakang. Sekarang, pilih tombol OK, gambar yang diimpor ke area panggung seperti yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini.
Pada mengimpor gambar di atas panggung, klip biker yang ada film ini tersembunyi di balik.
7. Pilih Window> Timeline dari menubar utama jika panel Timeline tidak ditampilkan.
Lapisan bernama biker di bagian bawah dari semua lapisan dalam panel Timeline.
8. Pilih lapisan biker dan drag keatas lapisan bernama latar belakang; biker akan bevisible di area panggung, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Menambahkan Motion Tween untuk Biker yang
1. Pilih klip biker film dari area panggung dan memindahkannya ke kiri, keluar dari area panggung; seperti yang ditunjukkan gambar di bawah.Klip video biker dipindahkan di sebelah kiri, keluar dari area panggung, sehingga sementara penerbitan animasi akhir biker muncul untuk masuk ke panggung setelah interval 2-3 detik.
2. Pilih keyframe di depan lapisan biker pada panel Timeline. Pastikan keyframe dipilih dan klik kanan di atasnya, sebuah flyout ditampilkan. Pilih Create Motion Tween dari flyout; yang motion tween ditambahkan ke Timeline dalam lapisan biker, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah.
Anda dapat mengidentifikasi bahwa lapisan tertentu adalah memiliki gerak tween ditambahkan ke dalamnya dengan simbol berbentuk kotak di depan nama layer dan warna latar belakang biru itu lapisan tertentu dalam timeline.
Setiap Anda menambahkan motion tween ke lapisan, jumlah frame ditambahkan dalam timeline animasi akan bermain selama 1 detik. Untuk misalnya, jika frame rate diatur ke 24fps (frame per detik), jumlah frame yang ditambahkan willl menjadi 24 jumlahnya. Anda dapat melihat frame rate default atau mengubahnya dari dasar timeline, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
3. Pilih Selection Tool dari panel Tools dan pilih frame paling kanan dari lapisan biker. Tekan dan tahan tombol kiri mouse di atasnya dan tarik ke frame 160.
4. Selanjutnya, pilih klip biker film dari area panggung. Tekan dan tahan tombol SHIFT dan tarik klip video ke kanan, keluar dari area panggung, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Garis berwarna hijau dibuat mewakili tween motion path untuk klip video biker. Warna tween motion path mirip dengan warna garis besar lapisan pada panel Timeline.
5. Tekan dan tahan tombol CTRL dan pilih frame kosong untuk left_tree, front_tree, dan lapisan latar belakang pada frame 160, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah. Selanjutnya, tekan tombol F5 dari keyboard untuk menambah keyframes kosong pada timeline untuk lapisan yang dipilih.
Para playhead pada panel Timeline pada frame 160 hanya menunjukkan klip biker film di area panggung. Ini sangat, sebagai lapisan lain kecuali lapisan pengendara motor tidak memiliki bingkai frame sampai 160. Menambahkan tombol F5 keyframes kosong memiliki konten yang sama pada lapisan pertama dari lapisan masing-masing.
6. Tekan ENTER untuk preview motion tween di area panggung. Jika animasi karya tekan CTRL + ENTER untuk mempublikasikan animasi, sebuah jendela baru menampilkan gerakan ditampilkan, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah.
Mengatur Kecepatan Motion Tween
1. Pilih Selection Tool dari panel Tools dan pilih tween gerak jalan berwarna hijau untuk klip video biker.2. Pilih Window> Properties dari menubar utama untuk menampilkan panel SIFAT, jika belum ditampilkan.
3. Mengatur nilai Kemudahan di daerah NYAMAN ke -100.
Tip! Mempermudah adalah proses untuk mengontrol motion tween di flash. Mempermudah dapat diklasifikasikan lebih lanjut menjadi Kemudahan Dalam dan Kemudahan Out. Dalam Kemudahan Dalam, gerakan mulai perlahan-lahan, sebelum memperoleh kecepatan sebagai waktu berjalan dengan nilai positif dan dalam Kemudahan Out, hal itu terjadi persis berlawanan dengan nilai negatif.
4. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard untuk menerbitkan efek pelonggaran dalam animasi gerak tweened.
Biker mulai perlahan-lahan dan secara bertahap mempercepat karena berlangsung sampai akhir, Anda juga bisa melakukan sebaliknya dengan memasukkan nilai kemudahan positif.
Menambahkan Partikel Salju di Scene
1. Pilih layer biker dari panel Timeline dan pilih ikon New Layer di bagian bawah kiri panel. Ubah nama layer baru sebagai snow_1.2. Pilih View> Rulers dari menubar utama untuk menampilkan penanda penguasa di tepi area flash.
3. Selanjutnya, pilih Alat Deco dari panel Tools dan kemudian memperluas panel PROPERTI.
4. Sekarang, pilih opsi Partikel Sistem dari Vine daftar drop-down berlabel Isi di daerah EFEK GAMBAR; pilihan Sistem Partikel ditampilkan di panel SIFAT, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
5. Mengatur warna dan Partikel Partikel 1 2 putih dengan memilih kotak berwarna hitam di bawah tombol Edit di daerah EFEK GAMBAR, lihat gambar di bawah ini untuk Anda referensi.
3. Selanjutnya, memperluas wilayah PILIHAN ADVANCED jika tidak secara default. Mengatur nilai berikut di daerah ini:
Jumlah Panjang = 160 Generasi Partikel = 160
Tingkat per frame = 3 tingkat Rotasi = 180
4. Tekan CTRL + - untuk memperkecil pandangan saat ini dan klik di atas area panggung dekat slider horisontal ditandai 200; partikel yang dihasilkan sampai 160 bingkai. 5. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard, sebuah jendela baru akan ditampilkan dan menunjukkan generasi partikel, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Partikel yang dihasilkan hanya pada kiri area adegan. Untuk memungkinkan generasi partikel pada seluruh adegan kita perlu membuat satu sistem partikel lebih
6. Pilih layer front_tree dari panel Timeline dan pilih ikon New Layer di bagian bawah panel kiri, sebuah lapisan baru dibuat. Ubah nama layer ini untuk snow_2.
7. Pilih Alat Deco dari panel Tools dan mengatur properti di panel SIFAT seperti yang dibahas pada langkah 3.
8. Buat sistem partikel di sebelah kanan area panggung di mana tidak ada partikel yang dihasilkan sebelumnya. 9. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard untuk melihat animasi tween gerakan akhir, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
source.entheosweb.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar