Tutorial ini dijelaskan dengan asumsi pembaca memiliki pengetahuan dasar tentang 3d max.
Juga semua dimensi dari objek tidak akan diberikan dalam tutorial. Dimensi yang diberikan adalah sesuai dengan model referensi saya. Anda dapat menggunakan nilai yang sama, mengambil nilai dari objek referensi atau nilai apapun yang Anda suka.
Saya menggunakan 3d max 7 untuk tutorial ini, namun Anda mungkin dapat menggunakan versi yang lebih tua juga. Jika versi 3d max Anda tidak memiliki Modifier TurboSmooth, Gunakan pengubah MeshSmooth bukan yang.
Mulai baru 3d max adegan, pergi ke kiri viewport dan membuat kotak dengan pengaturan berikut pada (0, 0, 0).
Konversi kotak itu ke Editable Poly dan pergi ke Vertex sub-obyek tingkat. Pindahkan simpul sebagai berikut menggunakan metode yang tepat.
Pilih meninggalkan 3 kolom simpul dan bergerak ke bawah 120 unit.
Ke Ujung sub-objek level, pilih 4 simpul terpanjang dan menambahkan 2 lagi cincin ke pemilihan menggunakan opsi Hubungkan dalam peluncuran Tepi Edit. Skala seleksi sampai ujung cincin baru yang lebih dekat ke tepi yang ada (pilih Pusat Gunakan Pilihan sebagai Pusat Transform ketika Anda scaling).
Tambahkan cincin lagi ke objek seperti di bawah ini menggunakan prosedur yang sama.
Pergi ke depan viewport dan pilih semua cincin tepi tepi menambahkan lebih menggunakan opsi Connect dan skala mereka dekat tepi yang ada seperti yang dilakukan awal.
Tambahkan tepi ke sisi menggunakan prosedur yang sama.
Keluar dari tingkat sub-objek dan menerapkan pengubah TurboSmooth dan meningkatkan Iterasi ke 2. Sekarang Anda akan mendapatkan obyek mulus bagus.
Matikan pengubah TurboSmooth, dan menambahkan cincin tepi lebih ke leher sikat. Sesuaikan simpul menggunakan Move Beralih dan Skala Beralih sampai Anda mendapatkan kepala sempurna dan leher. (Anda dapat mengaktifkan pengubah waktu ke waktu untuk TurboSmooth melihat hasilnya.)
Edit gagang sikat juga, dengan memindahkan simpul bawah sedikit ke depan dan penyempitan ketebalan menangani melalui sumbu pusat (Hal ini akan memberikan tampilan yang lebih realistis untuk menangani dengan membuat permukaan atas dan bawah sedikit kurva.)
Untuk mengedit bagian tengah sikat, pergi ke viewport Top, dan menggambar persegi panjang dengan menggunakan alat Potong hanya di dalam garis yang ada (lihat gambar di bawah), pilih 2 poligon dalam persegi panjang dibuat dan extrude ke bawah sedikit.
Pasang 4 sudut ke simpul terdekat menggunakan alat Potong, pilih tepi sudut 4 dari Extrude, dan talang mereka sampai dua tepi akan melalui titik dekatnya. Pergi ke Vertex sub-objek tingkat, pilih semua simpul di bagian tengah dan tombol tekan Weld dalam peluncuran simpul Edit (pastikan Anda hanya mengurangi jumlah simpul yang dipilih oleh 4). Tambahkan tepi lebih ke 4 sudut seperti di bawah ini.
Hidupkan pengubah TurboSmooth. Anda akan mendapatkan hasil yang bagus mulus. Anda dapat fine tune hasilnya dengan skala bawah 2 poligon yang lebih besar di dalam persegi panjang dibuat sedikit. Ulangi langkah yang sama untuk wajah bawah juga. Anda mungkin mendapatkan sesuatu seperti ini.
Sekarang waktunya untuk menambahkan Serat. Pergi ke viewport kiri atau depan, dan membuat garis vertikal yaitu sekitar 100 unit dan mengubah parameter sebagai berikut.
Buatlah garis seperti seikat 15-20 dalam lingkaran dengan radius 8 unit. Lampirkan mereka bersama-sama. Meningkatkan tinggi serat di tengah bundel sedikit. Sekarang Anda memiliki bundel serat bagus.
Tempatkan mereka di kepala sikat dalam pola apapun yang Anda suka.
Render adegan, Anda akan mendapatkan sikat gigi nice looking.
source.tutorialized.com
Juga semua dimensi dari objek tidak akan diberikan dalam tutorial. Dimensi yang diberikan adalah sesuai dengan model referensi saya. Anda dapat menggunakan nilai yang sama, mengambil nilai dari objek referensi atau nilai apapun yang Anda suka.
Saya menggunakan 3d max 7 untuk tutorial ini, namun Anda mungkin dapat menggunakan versi yang lebih tua juga. Jika versi 3d max Anda tidak memiliki Modifier TurboSmooth, Gunakan pengubah MeshSmooth bukan yang.
Mulai baru 3d max adegan, pergi ke kiri viewport dan membuat kotak dengan pengaturan berikut pada (0, 0, 0).
Konversi kotak itu ke Editable Poly dan pergi ke Vertex sub-obyek tingkat. Pindahkan simpul sebagai berikut menggunakan metode yang tepat.
Pilih meninggalkan 3 kolom simpul dan bergerak ke bawah 120 unit.
Ke Ujung sub-objek level, pilih 4 simpul terpanjang dan menambahkan 2 lagi cincin ke pemilihan menggunakan opsi Hubungkan dalam peluncuran Tepi Edit. Skala seleksi sampai ujung cincin baru yang lebih dekat ke tepi yang ada (pilih Pusat Gunakan Pilihan sebagai Pusat Transform ketika Anda scaling).
Tambahkan cincin lagi ke objek seperti di bawah ini menggunakan prosedur yang sama.
Pergi ke depan viewport dan pilih semua cincin tepi tepi menambahkan lebih menggunakan opsi Connect dan skala mereka dekat tepi yang ada seperti yang dilakukan awal.
Tambahkan tepi ke sisi menggunakan prosedur yang sama.
Keluar dari tingkat sub-objek dan menerapkan pengubah TurboSmooth dan meningkatkan Iterasi ke 2. Sekarang Anda akan mendapatkan obyek mulus bagus.
Matikan pengubah TurboSmooth, dan menambahkan cincin tepi lebih ke leher sikat. Sesuaikan simpul menggunakan Move Beralih dan Skala Beralih sampai Anda mendapatkan kepala sempurna dan leher. (Anda dapat mengaktifkan pengubah waktu ke waktu untuk TurboSmooth melihat hasilnya.)
Edit gagang sikat juga, dengan memindahkan simpul bawah sedikit ke depan dan penyempitan ketebalan menangani melalui sumbu pusat (Hal ini akan memberikan tampilan yang lebih realistis untuk menangani dengan membuat permukaan atas dan bawah sedikit kurva.)
Untuk mengedit bagian tengah sikat, pergi ke viewport Top, dan menggambar persegi panjang dengan menggunakan alat Potong hanya di dalam garis yang ada (lihat gambar di bawah), pilih 2 poligon dalam persegi panjang dibuat dan extrude ke bawah sedikit.
Pasang 4 sudut ke simpul terdekat menggunakan alat Potong, pilih tepi sudut 4 dari Extrude, dan talang mereka sampai dua tepi akan melalui titik dekatnya. Pergi ke Vertex sub-objek tingkat, pilih semua simpul di bagian tengah dan tombol tekan Weld dalam peluncuran simpul Edit (pastikan Anda hanya mengurangi jumlah simpul yang dipilih oleh 4). Tambahkan tepi lebih ke 4 sudut seperti di bawah ini.
Hidupkan pengubah TurboSmooth. Anda akan mendapatkan hasil yang bagus mulus. Anda dapat fine tune hasilnya dengan skala bawah 2 poligon yang lebih besar di dalam persegi panjang dibuat sedikit. Ulangi langkah yang sama untuk wajah bawah juga. Anda mungkin mendapatkan sesuatu seperti ini.
Sekarang waktunya untuk menambahkan Serat. Pergi ke viewport kiri atau depan, dan membuat garis vertikal yaitu sekitar 100 unit dan mengubah parameter sebagai berikut.
Buatlah garis seperti seikat 15-20 dalam lingkaran dengan radius 8 unit. Lampirkan mereka bersama-sama. Meningkatkan tinggi serat di tengah bundel sedikit. Sekarang Anda memiliki bundel serat bagus.
Tempatkan mereka di kepala sikat dalam pola apapun yang Anda suka.
Render adegan, Anda akan mendapatkan sikat gigi nice looking.
source.tutorialized.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar