Rabu, 19 Oktober 2011

bagaimana memiliki website sendiri?


Tidak sulit meliki website sendiri di internet. Sedikitnya anda hanya perlu melakukan empat langkah, yaitu: membuat halaman web, mencari tempat hosting di internet, memberi nama domain, lalu mempromosikan website. Untuk mudahnya, memiliki website dapat dianggap sebagai memiliki rumah di internet. Sebagaimana layaknya memiliki rumah tempat tinggal, Tentunya anda perlu memiliki bangunan rumah beserta isiya,tanah/lahantempat bangunan rumah,alamat untuk rumah anda,serta memberitahukanya kepada siapapun yang diinginkan.

Demikian pula halnya dengan memiliki website,anda perlu membuat website berserta isinya sebagai bangunan rumah anda internet,mencari tempat (hosting) sebagai lahan untuk websit anda, memberinya nama domain sebagai alamat di internet, lalu mempromosikannya agar dapat diketahui keberadaanya.

Buku ini akan menjelaskan bagaimana membuat website menggunakan joomla, mencari hosting diinternet, memilih nama domain, serta bagaimana mempromosikan website, lalu mengembangkanya menjadi website propesional dengan puluhan ekstensi joomla.

1.1 joomla pilihan membuat website

joomla adalah salah satu content management system (CMS) yang dapat anda gunakan untuk membuat website dinamis. Mudahya proses instalasi, kelengkapan fasilitas pengelolaan, keandalanya, melimpahya ekstensi yang beragam, komunitas joomla, juga sifatya yang free dan open source (terbuka bagi siapapun yang ingin mengembangkanya), menjadikan joomla sebagai salah satu CMS terbaik dan terpopuler, dan banyak dijadikan pilihan utama para pemilik website. anda lihat pada gambar 1.4, popularitas joomla yangmelejit sejak tahun 2005 jauh meninggalkan CMS lainya seperti Mambo,Drupal, danPHP nuke.

1.2 Perkembangan Joomla

Joomla pertama kali dililis pada bulan agustus 2005. Sampai saat buku ini di tulis, dalam kurun waktu yang relatif singkat, joomla terus berkembang hingga kini mencapai generasi yang keempat berikut ini adalag generasi joomla tersebut

* Generasi pertama yaitu joomla 1.0, berkembang mulai dari tahun 2005 s.d.2009. joomla1.0 sendiri mengalami perkembangan hingga mencapai versi 1.0.15. perkembangan joomla 1.0 secara resmi dihentikan mulai september 2009.

* Generasi kedua yaitu joomla 1.5. meskipun mulai dikembangkan sejak awal munculnyajoomla (2005) tetapi versi stabil joomla 1.5. terus berkembang hingga mencapai versi 1.5.23. sampai saat buku ini di buat, meskipun sudah diliris generasi keempat yaitu joomla 1.7. tetapi joomla 1.5 masih terus dan akan berkembang.

* Generasi ketiga yaitu joomla 1.6, perkenbangannya mulai dilakukan sejak tahun 2008 sampai dengan sekarang . versistabil dari joomla 1.6 telah diliris sejak bulan januari 2011 sampai buku ini di buat , joomla 1.6 berkembang sampai versi 1.6.6.

* Generasi keempat yaitu joomla 1.7, pertama kali diliris dalam versi Alpa pada tanggal 6 juni 2011 di www.joomla.org, joomla 1.7 disiapkan untuk menjadi penerus dari joomla 1.6 satu kelebihan joomla 1.7 adalah anda tidak perlu repot melakukan migrasiseperti yang dilakukan untuk beralih dari joomla 1.0 ke.1.5 atau dari joomla 1.5 ke joomla 1.6 proses upgradedari versi 1.6.0 ke versi 1.6 lainnya. Saat ini ditulis sudah rilis versi stabil yaitu joomla 1.7.0 yang akan anda pelajari cara menggunakan dalam membuat website dinamis di buku ini.

Satu hal yang perlu diperhatikan, keempat generasi tersebut tetap memiliki penggunaan setianya masing-masing. Joomla pun tetap menyediakan beragam jenis ekstensi untuk dapat dimanpaatkan oleh pengguna keemat jenis generasi joomla tersebut.

Sebagaimana layaknya perubahan dari satu generasi ke generasi lainnya,tentunya akan di temukan banyak perubahan mendasar yang membedakan dengan generasi sebelumnya. Salah satu perubahan besar yang terdapat pada joomla1.6 adalah pembenahan fasilitas pengelolaan unsur yang lebih lengkap, serta fasilitas pengelompokan katagori secara bertingkat (nested category) menjadi sub kelompok, dan sub kelopok dikelompokan lagi menjadi sub-sub kelompok, demikian seterusnya.

Berbeda dengan versi-versi joomla sebelumnya yang memerlukan waktu bertahun-tahun sebelum akhirnya merilis versi stabil, joomla 1.7 disiapkan oleh para pengembangnya dalam waktu yang relatif singkat yaitu sekitar 6 bulan, karenanya tidak banyak di temukan fitur baru di dalamnya. Meskipun demikian perubahan tetap ada, adalah kemampuan untuk menambah gambar latar (background image) didalam modul HTML, kemampuan untuk menentukan nama situs pada sebelumnya atau sesudah judul halaman, dan tombal “remove installation folder” sebagai bagian dalam proses instalasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar