Rabu, 19 Oktober 2011

cara meng-instal joomla


Bagi anda yang pernah menggunakan joomla 1.5 atau 1.6 sebelumnya, pastinya tidak akan menemukan banyak kesulitan dalam mempersiapkan joomla 1.7. caranya sama yaitu terlebih dahulu harus memiliki file install joomla 1.7. kemudian meng-installnua di PC/laptop.

File install joomla 1.7 dapat anda peroleh dengan men-downlod-nya langsung di www.joomla.org/dowonlod/. Sampai saat buku ini dibuat, sudah diliris versi joomla 1.7.0 untuk dowonlod, klik zip pada baris 1.7.0 full package (igat, pada saat anda mulai mendownlod, kemungkinan saja sudah diliris versi 1.7 yang lebih baru).

Sebelumnya, ikuti langkah-langkah meng-install joomla 1.7. di PC/leptop

1. Buat sub folder di dalam C:\wamp\www\, contoh buku ini menggunakan nama sub folder webjoomla17, kemudian copy file install joomla 1.7 ke C:wamp\www\webjoomla17\.

2. Ekstrak file install joomla 1.7 menggunakan software kompresi yang sudah ter-install sebelumnya di PC/leptop . contoh buku ini menggunakan software kompresi winRaR, apabila ingin menggunakannya juga, anda bisa downlod di www.win-RaR.com/downlod. html/versi terbaru winrar berbahasa indonesia, kemudian install di PC/leptop.

3. Langkah selanjutnya, aktifkan wampserver dengan cara serperti penjelasan di subbab 2.1.1. langkah ke 5

4. Setelah aktif, buka browser lalu ketik http;//localhost/wenjoomla17 (anda haris mengaktifkan sub folder sesuai dengan yang di buat pada langkah 1 di atas). Langkah ini akan menampilkan halaman instalasi joomla 1.7.0 dan terdapat 7 steps yang harus di lalui, ikuti petunjuknya berikut ini;

Steps 1. Langkah ;klik next

Steps 2. Pre installation check ; klik nexs.

Steps 3. License; klik nexs

Steps 4. Database; isi root pada username, kosongkan password, dan pada database neme isikan nama database yang anda inginkan (contoh buku ini menggunakan nama database dbwebjoomla17 lanjutkan dengan klik nexs.

Steps 5. FTP configuration; klik nexs.

Steps 6. Configuration ; isi sit name dengan nama website anda ini alamat email yang anda gunakan sebagai email administrator, isikan juga password administrator . informasi admin (usermane dan password-nya ) akan anda sering gunakan untuk mengelola website joomla, simpan baik-baik jangan sampai terlupa lanjutkan dengan klik nexs.

Steps 7. Finis; proses instalasi joomla 1.7.0 telah selesai adna lakukan. Langkah terakhir adalah mengaus sub folder insallation yang terdapat di C:/wamp\www\webjoomla17\.

Sampai di sini. Anda telah memersiapkan joomla 1.7.0 website joomla yang anda buat dapat diakses di PC/leptop dengan alamat URL http://localhost/webjoomla17. halaman web yang tampil dengan ngtikan alamat URL tersebut dikenal dengan sebutan Front and.

Untuk mengelola website joomla, dapat di lakukan dengan mengakses halaman administrator di http://localhost//webjoomla17//administrator, gunakan usermane dan password admin sesuai yang anda buat pada saat instalasi( lihat steps 6. Conpigiration pada foint 4 sebelum ini ).halaman web administrator yang tampil di kenal dengan sebutan “backend”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar