Rabu, 18 Mei 2011

Cara Merender di 3D MAX

Apa itu "Merender'...? (Free Sample template 3DS MAX Dasar)

Pada posting kali ini akan kita coba mengenali apa itu merender...? Merender adalah ibarat memetik buah hasil dari segala apa yang telah kita program, rencanakan, rancang/desain dengan mensave/menyimpannya menjadi sebuah file dengan format tertentu yang kita inginkan, entah itu berupa J Peg, PNG, Avi, dll.. Dan pada kesempatan kali ini, akan tersediakan sebuah template file 3DS MAX yang sederhana yang bisa Anda download untuk mengetahui secara sederhana tentang merender. Pada template tersebut hanya akan ada beberapa object sederhana : Teapot; Box/alas; skylight dan omni (sebagai penerangan), dan text. Dan perender yang akan kita gunakan adalah scanline, karena secara default ( keumuman tampilan 3DS MAX ketika kita membukanya sebelum diedit/diubah) adalah menggunakan scanline renderer. Gambar-gambar dibawah ini adalah hal-hal penting saja yang perlu diperhatikan ketika akan merender dan untuk lebih detailnya silahkan Anda buka template tersebut.

Peta komposisi objek yang akan kita render.

  • Diantara hal-hal penting yang harus diperhatikan ketika akan merender (scanline renderer) pada sample template pada kali ini : Anda klik render scene (atau tekan f10), lalu pilih advanced lighting- pilih light tracer. Lihat gambar dibawah...!!
Lalu Anda klik/aktifkan lampu omni pada viewport (sehingga berwarna putih), lalu klik tombol modify (sebelah kanan atas yang bersebelahan dengan create) untuk memunculkan parameternya. Bila sudah muncul maka atur multipliernya sesuai kebutuhan : sebagai misal yang sesuai untuk sample template yaitu 0.4. Lihat gambar dibawah....!!

Lalu aktifkan (kasih tanda centang) Shadow agar on/aktif. Bila tidak diaktifkan maka bayangan object anda tidak akan terrender alias tanpa bayangan sehingga akan tampak tidak realistis. Dan silahkan Anda pilih jenis bayangannya, sebagai contoh : Ray trace shadows. Silahkan dicoba-coba sendiri untuk mengetahui karakter masing-masingnya. Lihat gambar dibawah..!!

Lalu Anda kurangi densitas shadownya dari 1 menjadi 0.5 agar tidak terlalu gelap. Tapi hal ini tentu saja sesuai kebutuhan, yakni butuh improvisasi.

Untuk merender, Silahkan Anda cari sudut pandang yang sesuai pada viewport perspektif sebagai misal, sesuai yang anda inginkan terhadap object. Bila telah siap, tekan F10 untuk memunculkan "render scene", lalu pastikan bahwa dibagian bawah render scene, pada tampilan viewport terpilih tercantumkan "perspektif"/viewport mana yang ingin Anda render. Kemudian Anda tinggal tekan Render ( untuk cara cepat tekan F9). Maka akan tertampilkan sebuah kondisi kurang lebih seperti gambar dibawah ini... Silahkan tunggu sampai renderan selesei dengan sabar... setelah itu tinggal Anda save sesuai dengan bentuk file yang diinginkan... bila hasil renderan kurang sesuai silahkan diedit ulang dan dirender ulang sampai merasa cukup dengan hasilnya...

Contoh gambaran tampilan layar 3DS MAX ketika merender.

Gambar dibawah adalah contoh hasil renderan sesuai pada sample template yang telah tersediakan.

Selamat Menikmati....!!


Untuk File sample templatenya silahkan Anda download di sini.

(Catatan : File templatenya adalah 3DS MAX 7, pada umumnya filenya bisa dibuka pada software 3DS MAX semisal atau yang lebih tinggi/baru (3DS MAX 8;9;2008;2009),dan tidak bisa dibuka di 3DS MAX dibawahnya . Tapi ndak ada salahnya dicoba-coba dulu.)



1 komentar:

  1. Aneka Design rumah tinggal dalam bentuk 3d mudah dipahami, mau bikin rumah ???

    silakan klik http://eben3d.blogspot.com
    terima kasih

    BalasHapus