Sabtu, 25 Juni 2011

Efek Volume Light 3D - Sorot Lampu

Untuk project tutorial 3DS Max berikutnya, kita akan belajar 3DS Max yaitu membuat efek Volume Light 3D. Efek ini seperti halnya efek yang sering kita lihat pada tampilan atau visual lampu senter, lampu jalan, lampu sorot mobil ataupun tampilan proyektor, lampu panggung, lampu teater atau juga cahaya yang masuk dari sebuah jendela kesebuah ruangan dan lain sebagainya. Efek ini akan semakin tampak dramatis dan menarik bila ditampilkan dalam suasana ruang yang gelap.

Baiklah kita mulai saja membuat efek Volume Light 3D

1. Sebagai langkah awal, kita akan membuat objek lantai yang dibuat dengan menggunakan objek Plane (ikuti petunjuk gambar dibawah).
2. Buat objek Plane pada viewport Top.

3. Pastikan objek Plane yang Anda buat barusan, masih dalam keadaan terpilih, kemudian buka tab Modify. Atur seperti parameter dibawah.

4. Buka Material Editor dengan menekan tombol M dikeyboard. Pilih salah satu slot material dan biarkan dengan warna default (seperti gambar dibawah).
5. Pastikan objek Plane yang baru Anda buat sebelumnya tetap dalam keadaan terpilih, lalu klik tombol Assign Material to Selection (lihat petunjuk gambar dibawah). Tombol ini berfungsi untuk memasukkan warna/material ke objek terpilih.

6. Sekarang kita akan membuat objek Text. Ikuti petunjuk gambar dibawah.

7. Klik sekali pada viewport Front untuk membuat objek Text.

8. Buka tab Modify dan atur seperti parameter dibawah.

9. Masih pada tab Modify, klik Modifier List dan berikan Modifier Extrude (gambar dibawah).



10. Atur Amount = 2. Ini adalah parameter ketebalan dari Modifier Extrude.

11. Tekan tombol M di keyboard kembali dan pilih slot material yang kosong. Anda beri warna hijau lemon atau warna kesukaan Anda yang lainnya. Masukkan ke objek Text yang telah Anda buat sebelumnya. Cara memasukkan warna ke objek sama seperti ketika Anda memasukkan warna ke objek Plane pada langkah sebelumnya.

12. Sekarang kita akan membuat efek lampunya. Kita akan menggunakan Target Spot. Buat seperti petunjuk gambar dibawah.

13. Buat pada viewport Front, seperti panduan gambar berikut.


14. Buka tab Modify dan aktifkan Shadow On. (gambar dibawah).

15. Atur juga parameter seperti gambar berikut. Parameter ini berfungsi untuk mengecilkan besaran dari Target Spot.


16. Posisi di viewport Perspective tampak seperti gambar dibawah.

17. Lakukan Render untuk melihat hasilnya sementara. (ikuti petunjuk dibawah).

18. Klik tombol Render.

19. Berikut hasil Render-nya.

20. Tutup jendela Render. Pastikan Target Spot yang telah Anda buat masih terpilih dan pada tab Modify, klik tombol Add. Tombol ini berfungsi untuk menambahkan efek Volume Light.

21. Pilih Volume Light dan klik tombol OK.

22. Klik tulisan Volume Light dan klik tombol Setup.

23. Akan terbuka jendela Environment and Effects. Kurangi parameter Density = 3. Density adalah kepekatan dari cahaya. Biarkan parameter yang lain dalam keadaan default.

24. Selanjutnya kita akan menambahkan efek gambar untuk efek volume light-nya. Pada tab Modify, buka rollout Advanced Effects dan klik tombol None.

25. Klik ganda Bitmap.

26. Pilih file ABALONE
Klik disini untuk mendownload Gambar Abalone

dan klik tombol Open.

27. Atur viewport dengan tombol-tombol navigasi seperti petunjuk gambar dibawah.

28. Anda atur sehingga posisi tampilan viewport Perspective tampak seperti gambar dibawah.

29. Lakukan Render kembali. Dan Anda lihat hasil Render akhirnya.

30. Anda juga dapat bereksperimen dengan mengatur posisi Text dengan tombol Select and Move. Atur juga ketebalan Modifier Extrude, nilai Density dan sebagainya untuk mendapatkan variasi dari tampilan Render-nya.

Hasil Akhirnya:

Lampu Sorot 3D Light
Selamat mencoba.
Tutorial ini diarsipkan di ilmugrafis pada kategori 3DS Max
Semoga bermanfaat. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar