Kamis, 19 Mei 2011

Menginstall Tema Baru dalam CMS WordPress

Menginstall Tema WordPress
1. Login ke dalam account wordpress dengan username dan password account anda.
2. Anda akan diarahkan ke halaman dashboard.
3. Klik pada menu Appearance – Themes, pada bagian menu samping kiri (sidebar wordpress dashboard). Lihat gambar.

4. Pilih Menu Install Themes.

5. Untuk menginstall tema baru, kita bisa menggunakan berbagai pilihan yang telah disediakan oleh WordPress. Lihat gambar dibawah.

  • Search, Featured, Newest, Recently-Updated : Berbagai pilihan ini akan menginstall tema baru untuk wordpress dengan sebelumnya men-search / mencari tema – tema yang disediakan oleh wordpress theme directory secara online. Anda bisa menemukan berbagai tema bagus disini, dan tentunya telah di acc oleh pihak WordPress nya :D
  • Upload : Anda bisa mengganti tema wordpress dengan cara meng-upload sendiri tema wordpress (dalam bentuk .zip). Anda bisa mendapatkan tema melalui download dari internet, atau dengan tema bikinan anda sendiri. Take a look juga pada tema wordpress bikinan pemilik situs ini :D

6. Untuk mengganti tema dengan cara upload, klik tab upload.

7. Browse pada lokasi dimana file tema anda berada (file berbentuk zip). Kemudian klik button install.

8. Jika instal sukses, maka akan muncul konfirmasi seperti gambar dibawah. Klik activate untuk langsung mengaktifkan tema yang baru saja diinstal.

9. Maka akan muncul konfirmasi bahwa tema baru telah aktif dan anda akan diredirect ke halaman utama Theme. Di halaman ini anda dapat melihat tema – tema yang telah diinstal dalam wordpress anda.

Test : Buka situs wordpress anda. Pastikan tema telah berubah :D

Catatan : Jika anda akan mengubah tema wordpress yang diinstal dalam hosting dengan cara upload, maka anda harus memasukkan detail dari ftp anda (host, username, dan password ftp. Lihat keterangan dari hosting anda untuk detail ini.)

Happy wordpress :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar